Selasa, 16 Oktober 2012

PENERAPAN GDSS

GDSS

Suatu sistem berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam satu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interfase bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama


Proses yang terjadi pada GDSS :

  • Mengorganisasi pendapat yang muncul dalam kelompok
  • Mengumpulkan informasi
  • Mengurutkan berdasar prioritas
  • Mengumpulkan aspek-aspek pendukung

Otomasi Perkantoran (Office Automation)

Definisi otomasi perkantoran atau office automation mencakup semua sistem informasi formal dan informal, terutama yang berkaitan dengan cara berkomunikasi dan penyebaran informasi ke dan dari orang-orang dalam maupun diluar organisasi (perusahaan).



Siapa yang menggunakan OA

Kelompok Pemakai OA

  • Manajer = Pekerja Terdidik (knowledge workers)
  • Profesional = Pekerja Terdidik (knowledge workers)
  • Sekretaris
  • Pegawai administrasi



Tujuan OA

  • Mengurangi biaya administratif
  • Pemecahan masalah
  • Pelengkap dan bukan pengganti


Contoh Aplikasi OA

  • Pengolahan kata(Word Processing)
    Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang berkaitan dengan penyiapan dokumen yang tercetak.

  • E-mail
    Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminak komputer dan alat penyimpanan. 
     
  • Voice mail
    Pengiriman pesan dengan mengucapkan ke dalam telepon, dan pesan yang telah terkirim, oleh penerima dapat diambil melalui telepon juga.

  • Facsimile Transmision (FAX)
    Penggunaan peralatan komunikasi khusus yang dapat membaca document pada satu ujung saluran komnukasi dan membuat salinannya di ujung yang lain.

  • Kalender elektronik 
    Penggunaan jaringan komputer untuk membuat, menyimpan dan mengambil agenda pertemuan (jadwal kerja).  
     
  • Konferensi audio/video
    Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi. Daya tarik konferensi audio 
    • Biaya relatif murah bagi perusahaan 
    • Orang-orang merasa nyaman berbicara 
    • Butuh beberapa menit saja untuk menyiapkan peralatan


Ke-efisiensi-an sebuah konferensi audio :

  • Di tunjuk moderator (orang yang mengkoordininasi jalannya konferensi)
  • Jumlah peserta dibatasi
  • Ada hasil dari pembicaraan yang dibagikan keseluruh peserta (rekaman konferensi harus disimpan)
  • Setiap peserta yang akan bicara harus meng-identifikasi dirinya.


Penggunaan peralatan komunikasi suara dan gambar untuk membuat suatu hubungan audio-video diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi.



Terdapat 3 konfigurasi :

  1. Video satu arah dan audio satu arah 
  2. Video satu arah dan audio dua arah 
  3. Video dan audio dua arah
  • Konferensi komputer
  • Imaging
  • Dekstop publishing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar