Sabtu, 09 Oktober 2010

Pengenalan Algoritma






Definisi Algoritma

  ~ Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah.
 ~ Kata logis (logika) merupakan kunci dalam algoritma.
 ~ Langkah-langkah dalam algoritma harus logis, hasil algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.
 ~ Langkah yang salah akan memberikan hasil yang salah.
Algoritma Dalam Kehidupan

   Algoritma dapat dikatakan jantung dalam ilmu komputer dan informatika.
   Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma.
   Selain itu algoritma juga dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Algoritma Sederhana

 Sebagai contoh, menukarkan isi dua buah gelas.
 Gelas A berisi cairan biru dan gelas B berisi cairan merah.
 Tukarkanlah isi kedua gelas tersebut.

Algoritma 1 :
1.Tuangkan isi gelas A ke gelas B
2.Tuangkan isi gelas B ke gelas A 
~ Jawaban pd Algoritma 1 diatas tidak menghasilkan pertukaran yg benar
          ~ Cairan pada kedua gelas bisa saja tercampur  
Algoritma 2 : 
 1. Tuangkan isi gelas A ke gelas C  
 2. Tuangkan isi gelas B ke gelas A 
       3.Tuangkan isi gelas C ke gelas B  
       ~ Jawaban pada Algoritma 2 sudah tepat.
     ~ Dengan menggunakan bantuan sebuah gelas C, maka kedua isi gelas      dapat ditukarkan tanpa tercampur.
 Bahasa Pemrograman

  ~ Agar suatu algoritma dapat dilaksanakan oleh komputer, maka notasi algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.
  ~ Jadi program merupakan implementasi teknis algoritma yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu.
  ~ Contoh bahasa pemrograman misalnya : Pascal, C++, Delphi, Basic dan lainnya.
  ~ Notasi algoritma nantinya dapat dituangkan ke dalam bahasa pemrograman apapun, dengan kata lain algoritma bersifat independen.  
  ~ Belajar bahasa pemrograman tidak sama dengan belajar algoritma.
Notasi Algoritma 
~ Menulis algoritma dengan Flowhart dan Pseudo-code biasanya dilakukan oleh programmer pemula (tahap belajar).
~ Programmer yang mahir umumnya langsung menuangkan algoritma dengan bahasa pemrograman tertentu.
~ Namun programmer mahir terkadang menggunakan Flowchart dan Pseudo-code untuk dokumentasi.
Contoh Soal 

     Terdapat tiga buah cakram seperti pada gambar, dimana cakram yang lebih kecil berada lebih diatas. Buatlah algoritma untuk memindahkan cakram dari tempat A ke B dimana satu kali perpindahan hanya boleh satu cakram. Cakram yang lebih kecil harus selalu berada diatas cakram yang lebih besar.
JAWABAN !  
Pindahkan cakram A ke B
Pindahkan cakram A ke C
Pindahkan cakram B ke C
Pindahkan cakram A ke B
Pindahkan cakram C ke A
Pindahkan cakram C ke B
Pindahkan cakram A ke B 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar