Rabu, 17 Agustus 2011

Profesi Manager

        Seorang manager merupakan pengatur dan koordinator yang bertanggung jawab atas berjalannya sistem atau organisasi dari suatu proyek yang berjalan. Seorang manager juga harus sigap dalam mengambil sikap yang tepat dan cepat. Oleh karena itu diperlukan peralatan dan perangkat-perangkat yang membantu tugas-tugas seorang manager dalam mengelola data maupun memahami sebuah konsep dan data yang harus menjadi acuan saat ia mengambil keputusan. Salah satu yang harus dimiliki seorang manager yang baik ialah bisa membaca konsep dan data dengan bantuan komputer.
       Di era komputerisasi seperti sekarang ini, pastilah kita akan membutuhkan komunikasi jaringan via internet baik memakai kabel maupun nirkabel. Seorang manager juga memerlukan koneksi internet untuk mengirim maupun menerima berita, proposal dan angket-angket untuk keberhasilan proyek yang dipimpin. Layanan internet juga sebagai bentuk efisiensi waktu yang dikehendaki untuk memperoleh informasi yang begitu urgen. Tidak hanya dalam dunia manajemen, internet juga diperlukan bagi semua profesi yang ada, karena internet bukanlah kebutuhan profesi tertentu, tetapi juga berguna untuk semua kalangan, meski pengangguran sekalipun.
        Selain mengkoordinasi tim kerja atau bawahan, manager juga betangung jawab untuk selalu membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif untuk menarik para konsumen maupun mempertahankan pelanggan dari ancaman para kompetitor pasar. Oleh karenanya, sangat diperlukan informasi yang akurat. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, bisa digunakan mesin pencari atau “search angine” seperti google, yahoo, opera, dll. Menggunakan search angine seperti tersebut sangat membantu dalam menemukan inspirasi maupun gambaran yang membentuk sebuah gagasan untuk menemukan sebuah inofasi., terutama untuk mempertahankan pelanggan.
     Dalam mengolah data maupun membuat laporan pertanggungjawaban kepada atasannya, seorang menejer juga butuh sebuah software yang membantu dalam mengerjakannya. Sebuah perusahaan yang besar pasti telah memiliki seorang sekretaris dan juga para auditor maupun akuntan. Tugas pengauditan maupun kalkulasi perusahaan telah ditangani seorang akuntan dan auditor, akan tetapi pada akhirnya seorang yang memberikan presentasi kepada atasan atas semua kinerja anggota dan pekerjaan yang dijalankan selama masa kerja baik bulanan maupun tahunan. Untuk presentasikan suatu hal, seorang manajer butuh software seperti Microsoft Office yang didalamnya sudah terpaket Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Outlock, Microsoft Acces, dll.         
            Selain daripada produk-produk buatan Microsoft, ada beberapa jenis software yang semisal dengan Mirosoft Office yang berfungsi sama. Akan tetapi yang telah sering dipakai oleh masyarakat secara majemuk adalah software Office produk dari Microsoft. Untuk keperluan pesentasi, program seperti Microsoft Power Point lah yang lazim digunakan dan membantu dalam presentasi. Dalam penyampaian hal-hal dalam berpresentasi yang diperlukan adalah bentuk-bentuk slide sehingga penyajian menarik dan memudahkan berpresentasi. Sementara Microsoft Word untuk tulis menulis, dan Microsoft Outlock untuk membantu menyusun dan  jadwal harian, mingguan, maupun bulanan yang dimiliki oleh seorang menejer.
           Bagi menejer keuangan, setiap data keuangan perusahaan yang ada tentulah sangat berguna oleh karenanya menejer juga membutuhkan software semacam database untuk menyimpan data dan kemudian dengan mudah diakses kembali untuk dijadikan suatu rujukan ketika akan mengambil sebuah keputusan baru untuk keefektifan kinerja dari perusahaan tersebut terutaa dibidang penggunaan dan pencarian dana.
            Software database tersebut  juga berguna bagi mereka yang bergelut dibidang menejemen pemasaran. Data-data yang tersimpan biasanya merupakan data-data penjualan, penetapan harga dan jumlah uang yang dipakai untuk membuat suatu barang (modal). Berangkat dari data-data ini semua, akan ditetapkan harga dari barang yang baru dibuat dan kemudian didistribusikan dengan harga yang relevan di persaingan pasar.

Kode Etik dalam Profesi Manager yaitu :
    1. Bertanggung Jawab
Diantara bertanggung jawab atas proyek, organisasi, dan tim kerjanya itu sendiri. Setiap tanggung jawab itu memiliki peran yang sedikit berbeda contohnya saja tanggung jawab pada proyek manager yang sedang ditangani, proyek harus selesai dengan budget spesifikasi dan waktu. Ketiga aspek itu harus dipenuhi oleh manager, proyek yang dijalani harus sesuai dengan apa yang direncanakan, taat kepada setiap kebijakan yang di keluarkan di organisasi tersebut harus mengambil keputusan dengan wewenang yang terbatas dari organisasi dan juga seorang manager harus mengambil keputusan yang terbaik bagi organisasinya. Manager juga harus bertanggung jawab kepada tim kerja yang ia pimpin memang tidak mudah tanggung jawab yang harus di penuhi terhadap tim kerja. Seorang manager harus memberikan feedback dari hasil proyek, memberikan penghargaan kepada anggota tim proyek yang berprestasi yang baik dan ada tantangan yang tingkat kesulitannya agak susah yaitu anggota tim, kepentingan tim dan kepentingan proyek. Dan, tanggung jawab yang terakhir yayitu tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, ini sangat penting karena inilah profesi yang anda pilih dan yang akan anda tekuni, jika perusahaan mendukung karir anda itu sangat beruntung buat anda dan saya ucapkan selamat bagi anda jika tidak ini menjadi suatu masalah bagi anda dan bisa dicoba kembali saat ada kesempatan :)    
    2. Skill
Seorang manager harus memiliki skill yang bermacam macam, yang harus dimiliki manager agar proyeknya berjalan dengan efektif yaitu
   ~ Project management process skill ( hard skill )
Pengetahuan dan keahlian yang berhubungan dengan mekanisme dari managemen     proyek, seorang hard skill harus bisa menguasai teknik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar